Berita RISTEKDIKTI

Pelatihan Pengelola Pusdatin STP

Rabu, 07 Desember 2016 10:29:48 WIB

Kemristekdikti telah melaksanakan sosialisasi dan pelatihan Sistem Informasi Science Technologi Park (SI-STP) di Hotel A-One Jakarta pada tanggal 6-7 Desember 2016. Kegiatan ini merupakan upaya sosialisasi SI-STP dan pembaharuan data STP yang dikelola 7 Kementerian/Lembaga.

Baca Selengkapnya

Pembahasan Peraturan Presiden (Perpres) Tentang Kawasan Sains Dan Teknologi (KST) di Hotel Salak Bogor 26 - 27 April 2016

Jumat, 29 April 2016 13:21:03 WIB

Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Sains dan Teknologi merupakan amanat Presiden Jokowi melalui Program Nawacita butir ke-6. Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptekdikti khususnya Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi (KST) mulai tahun 2015 telah melaksanakan program tersebut bersama dengan Kementerian/Lembaga pengelola lainnya seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Program tersebut dicanangkan untuk dilaksanakan mulai tahun 2015 sampai tahun 2019.

Baca Selengkapnya

Pelatihan Manajemen Science Techno Park (STP) di Gedung ILSC Puspiptek Serpong 19-20 April 2016

Jumat, 22 April 2016 13:06:05 WIB

“STP merupakan infrastruktur dalam pengembangan inovasi. Pembangunan dan pengembangan STP diharapkan membantu hilirisasi hasil riset, menumbuhkan perusahaan baru berbasis teknologi dan meningkatkan ekonomi daerah. Pelatihan manajemen STP diharapkan mampu meningkatkan pemahaman pengelolaan operasional dan anggaran STP sehingga tujuan dari pengembangan STP  tersebut dapat terwujud.” Demikian yang disampaikan oleh Direktur Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya, Dr. Ir. Lukito Hasta Pratopo, M.Sc., ketika membuka secara resmi acara Pelatihan Manajemen STP yang diselenggarakan di Gedung ILSC Puspiptek Serpong, Selasa 19 April 2016.

Baca Selengkapnya

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kementerian Ristekdikti dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Senin, 11 April 2016 13:41:38 WIB

Sejalan dengan program nawacita Presiden RI dalam hal peningkatan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional dilakukan melalui program pengembangan Science Techno Park (STP). Adapun Target dari Pengembangan STP adalah  membangun 100 STP di seluruh Indonesia selama lima tahun ke depan. Science Techno Park (STP) Sumatera Selatan merupakan salah satu dari 9 STP yang akan dikembangkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pada Jumat, 8 April 2016 bertempat di Gedung Serbaguna Balai Agro Techno Park (ATP) dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama antara pemerintah Sumatera Selatan yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Sumatera Selatan H Mukti Sulaiman dan pihak Kemenristekdikti yang diwakili oleh Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti Patdono Suwignjo sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani pada 21 Desember 2015.


Baca Selengkapnya

Menristekdikti dan UNS Dorong Inovasi Pertanian

Sabtu, 26 Desember 2015 02:22:05 WIB

Para petani akan sejahtera bila selalu menggunakan teknologi terbaru. Bila para petani menggunakan bahan organik, maka para petani tidak perlu memusingkan lagi kesediaan pupuk anorganik, karena dengan bahan organik hal tersebut sudah terselesaikan dengan baik.

Baca Selengkapnya