Pedoman Pembangunan dan Pengembangan STP

Selasa, 06 Desember 2016 09:02:50 WIB

Pedoman adalah uraian penjelasan terkait norma, standar, prosedur dan kriteria ini akan menguraikan pengaturan terkait konsepsi Taman Sains dan Teknologi, tahapan pembangunan dan pengembangan, serta kriteria pengukuran kinerja. Dengan demikian diharapkan dapat menjadi panduan dan pegangan bagi segenap komponen lembaga litbang, perguruan tinggi, daerah dan masyarakat yang terlibat aktif dalam mendukung pengelolaan Taman Sains Teknologi.

Keberadaan Taman Sains Teknologi di daerah merupakan indikator kunci bagi tumbuh berkembangnya model Sistem Inovasi Daerah (SIDa), yang ditandai dengan segenap unsur inovasi di daerah yakni perguruan tinggi, lembaga litbang, badan usaha, dan lembaga penunjang; saling bersinergi satu sama lain secara intensif dalam suatu kawasan. Dibutuhkan panduan yang berfungsi sebagai pedoman dalam pembangunan dan pengembangan Taman Sains dan Teknologi. Oleh karenanya, pedoman ini disusun sebagai dokumen yang integratif serta mendukung bagi langkah-langkah strategis dan implementatif .

Pedoman yang dimaksudkan sebagai uraian penjelasan terkait norma, standar, prosedur dan kriteria ini akan menguraikan pengaturan terkait konsepsi Taman Sains dan Teknologi, tahapan pembangunan dan pengembangan, serta kriteria pengukuran kinerja. Dengan demikian diharapkan dapat menjadi panduan dan pegangan bagi segenap komponen lembaga litbang, perguruan tinggi, daerah dan masyarakat yang terlibat aktif dalam mendukung pengelolaan Taman Sains Teknologi.

Download